Tuesday, December 11, 2012

Social Media. Be Smart, Baby!

Friendster. Yahoo Messenger. Facebook. Twitter. Google +. Path. Instagram. Blackberry Messenger. MySpace. and the list is still going on ...



Orang-orang seperti bebas berekspresi, social media yang awalnya bertujuan untuk bersosialisasi, lama-lama berubah fungsi. Makin lama makin edan, nggak ada peraturan yang membatasi bagaimana seharusnya orang menggunakan SocMed dengan cara yang baik dan santun. Bukannya ngebuat pengguna lain gatel remove, delete, unfollow, dan semacemnya.

Aku pribadi termasuk pengguna aktif SocMed, udah pernah menjalani fase alay, dan termasuk yang diam ngeliat beberapa teman ngerusak timeline, news feed, dll.

11 tahun jadi pengguna dan penikmat SocMed, kali ini mau share beberapa hal yang bikin gemes banget!




  • nggak perlu update kegiatanmu tiap 5 menit sekali, nggak semua orang mau tau & peduli. kecuali kalo kamu artis besar ...
  • stop menggalau tiap satu jam sekali, nggak perlu semenyedihkan itu untuk dapet perhatian orang. makin sering menggalau, makin keliatan seberapa lemah jiwamu.
  • marah-marah di media sosial itu lebih sering nggak bergunanya, 20% dari mereka sebenarnya seneng, 80% dari dari mereka cuma sekedar mau tau, KEPO. bijaksanalah memilih kata-kata ...
  • kalau kamu nggak yakin sama pacarmu yang sekarang, nggak perlu posting seberapa kamu mencintainya, are you sure (s)he's gonna be the last? oh really? terus kenapa bulan berikutnya udah ganti orang lagi?
  • kamu termasuk orang yang suka kepo profile orang? well ... peraturan mendasar: bersiaplah untuk kecewa dengan fakta yang akan kamu temukan ...
  • mau posting suatu fakta atau berita, please ... confirm dulu kebenarannya. jangan buat diri kamu keliatan bego di depan orang lain.
  • berlaku juga kalau mau posting kalimat pake bahasa inggris, please ... cek dulu grammar nya. mungkin kamu nggak sadar, tapi kamu hidup diantara para grammar-nazi yang bisa langsung judge seberapa begonya kamu.
  • jadi orang lain cuma untuk buat orang terkesan sama kamu di dunia maya, nggak akan buat kamu lebih dihormati di dunia nyata. get a life!!
  • nggak semua orang menggunakan SocMed untuk tujuan yang baik. Makin banyak orang yang berniat jahat di luar sana. jangan terlalu percaya sama orang asing, (terutama perempuan) jangan gampang dipuji ... please, yang mereka puji itu foto editan kamu yang jelas jauh beda sama aslinya. jadilah orang yang pintar!
  • hormati dirimu sendiri dengan posting foto-foto yang sopan dan berprinsip. misal: berhijablah jika kamu memang berhijab.
  • sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain, mulailah dari memposting hal-hal yang bermanfaat, karena tulisanmu ... akan dipertanggungjawabkan meski kamu sudah mati.


apa yang aku tulis diatas, bukan berarti aku nggak pernah ngelakuin itu semua. aku pernah, makanya akhirnya tau itu nggak baik. Sampai hai ini, aku masih terus berusaha untuk jadi orang yang lebih baik, jadi apa salahnya ngajak orang lain untuk sama-sama memperbaiki diri?

Kuasai Dunia Maya, Jangan Dunia Maya Menguasaimu!

1 comments:

*sambil baca ini, sambil bertanya-tanya apa aku termasuk di salah satu point itu*

*mudah2an ngga*

btw lagi sebel sama siapa nes? hehehehe~~