Tuesday, October 16, 2012

My First Day


Aku lagi duduk di ruang dokter. bukan di kursi pasien, tapi di kursi dokternya ... *cough*

My first day started yesterday actually, tapi nggak tau juga kapan harus hitung hari pertama, benar kemarin ... atau waktu di rumah. And I've met my first patient, ... nah ini juga, aku bingung yang mana yang harus aku hitung sebagai pasien pertama, kemarin, atau waktu di rumah, atau .. justru waktu IKM di Puskesmas dulu.

but it feels the same: EXCITED!

pasien pertamaku di rumah, pasangan suami istri ... yang sama-sama asma. Romantis ya? Sakit aja kompakan. Terapi masih dibimbing ayah, tapi edukasinya well ... I'm flying solo, finally :)

nah kemarin, seorang ibu, post partum H+26, riwayat preeklamsi, datang karena demam batuk pilek. Agak keder juga, soalnya bingung banget mau kasih obat ini itu, tapi mendadak lupa mana aja obat yang kontraindikasi ibu menyusui. Terus tensi ibu nya masi agak tinggi, borderline sih ... tapi si ibu minta dikasih obat anti hipertensi.

I was like ... whew ...
What have I drag myself into?
Can I be a doctor? yes it is somehow, easy.
but, can I be a good doctor for my patient?

Aku mau kasih yang terbaik buat pasien-pasienku, siapapun dia/beliau, dimanapun, kapanpun.

Menjadi dokter berarti siap belajar sepanjang hayat.
Menjadi dokter berarti siap mendedikasikan hidup dan disiplin ilmu kami untuk kemajuan dan kesehatan masyarakat.

-bahasa gue mendadak berat ... berasa lagi orasi-

aku sudah memilih jalan ini, dan bismillahirrohmanirrohim ... semoga Allah memberi kemudahan dan berkah serta hidayah nya bagi kami, para dokter di seluruh dunia.


0 comments: